Solusi Bila Driver Laptop Tidak Support Versi Windows

0
107

Halo sobat semua, selamat datang di Mazkit com.

Apakah anda seorang IT, Teknisi Komputer, atau tukang service komputer, laptop?

Kalau iya insyaAllah anda masuk pada website yang tepat karena disini saya akan membagikan pengetahuan berdasarkan pengalaman pribadi dan sering terjadi saat saya memperbaiki atau service laptop maupun komputer.

Seringkali seorang teknisi komputer disibukan dengan kendala driver yang tidak support dengan sistem operasi windows pada laptop maupun komputer yang baru saja di instal ulang. Ini adalah saat yang sangat menjengkelkan karena tentu saja selain akan membuang-buang waktu dan pikiran juga dapat menghambat kerja, apalagi bila anda sedang banyak servisan atau si pemilik laptop tersebut sudah menunggu.

Berdasarkan pengalaman pribadi saya dan sudah sering sekali saya mengalaminya diantara adalah :

  1. Windows sudah berhasil di instal namun driver vga, driver chipset, driver ethernet atau driver yang lain tidak support karena beda versi sistem operasinya.
  2. Driver sudah support atau dapat di instal namun beberapa aplikasi tidak bisa berjalan karena versi OS dan drivernya tidak sama, misalnya : Sistem Operasinya Windows 7 64bit namun driver VGAnya windows vista.

Selain itu kendala yang sering dialami oleh seorang teknisi komputer adalah persoalan bios. BIOS atau Basic Input Output System Merupakan firmware generasi terdahulu yang banyak digunakan oleh komputer IBM atau yang kompatible dengan nya dan menjadi komputer firmware terpopuler dan digunakan disemua jenis komputer.

BIOS bekerja pertama kali saat komputer dinyalakan dan bertanggung jawab untuk membangunkan semua hardware yang terpasang,memastikan semua hardware yang terpasang berjalan baik lalu menjalankan bootloader sistem operasi yang terinstal.

Selanjutnya BIOS melakukan proses POST (Power On Self Test) sebelum masuk ke sistem operasi yang di instal, proses ini untuk mengecek dan memastikan semua hardware yang terpasang berfungsi dengan normal.

Kemudian jika ada yang tidak beres dengan hardware yang terpasang maka komputer tidak akan booting ke sistem operasi dan kamu akan mendengar bunyi beep sebagai bentuk kode error yang bisa kamu lacak.

komputer sekarang sudah menggunakan firmware tipe baru yaitu UEFI, namun karena masih dalam masa transisi maka sebagian vendor komputer juga masih menyematkan fitur BIOS Legacy kedalam sistem komputer mereka untuk mendukung hardware tipe lama agar tetap bisa digunakan walau anda telah menggunakan firmware baru UEFI.

secara otomatis komputer anda telah menggunakan firmware tipe baru UEFI hanya saja pada mode firmware masih diberi pilihan antara pure/murni UEFI atau UEFI+Legacy support.

Pada mode legacy support akan didukung fitur-fitur lama seperti drive SATA dengan mode IDE ,booting dari HDD dengan sistem partisi MBR dan lain-lain.

Dan kasus yang sering terjadi untuk laptop atau komputer model terbaru adalah karena vendor dari laptop tersebut sudah tidak lagi menyematkan fitur bios lagacy sehingga terkadang ada beberapa laptop dengan seri tertentu yang diharuskan untuk di instal dengan sistem operasi terbaru juga dengan driver dan firmware yang terupdate.

Kembali ke pokok bahasan tentang solusi bila driver windows tidak supoort dengan sistem operasi yang sudah di instal.

Kemarin saya baru saja menemui kasus saat mau instal ulang HP Mini 110-3700 dimana saat saya selesai menginstal ulang dengan sistem operasi windows 7 64bit kemudian semua aplikasi seperti microsoft office, photoshop, browser dan lainnya sudah di instal, saya mengalami kendala saat mau menginstal driver VGA dan Chipset karena setelah saya cek ke website HP ternyata driver netbook tersebut hanya support untuk sistem operasi windows 7 32bit.

Baca juga : Cara Instal Ulang Windows 7

Akhirnya saya mencoba mencari driver di internet barangkali ada yang pernah mengalami kasus yang sama, ternyata saya tidak menemukan jawaban untuk permasalahan saya tersebut.

Lalu akhirnya saya mencari cara sendiri untuk menemukan driver yang sekiranya cocok dengan netbook tersebut.

Yang saya lakukan adalah pertama menginstal software pencari drivernya disini

Kemudian instal dan jalankan,

#DPChip Solusi Driver tidak support Windows

Namun sebelumnya perlu diketahu karena software ini bersifat online untuk mencari driver laptop yang kompatibel dengan sistem operasi yang kita pasang maka anda perlu koneksi internet untuk mendownload driver nya.

Solusi bila driver laptop tidak support

Itulah cara mengatasi masalah driver yang tidak support atau laptop yang tidak ada driver untuk versi windows yang kita instal, karena software ini akan otomatis mencari semua driver yang cocok atau kompatibel dengan laptop atau komputer kita.

Bila driver ethernet belum terinstal maka anda dapat menggunakan handphone untuk koneksi internet dengan USB kabel menggunakan mode penambatan dan hotspot seluler.

Silahkan download softwarenya dibawah ini

DOWNLOAD

Semoga artikel ini dapat bermanfaat

Terima Kasih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here